Senin, 19 Desember 2011

Mata Bermasalah Jadi Kiper Futsal? Kenapa Tidak!

Mata merupakan salah satu aset berharga seorang kiper selain tangan tentunya. Dengan mata kita melihat kemana arah pergerakan lawan ataupun arah bola yang menuju ke gawang kita.
Jadi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dari mata kita, namun bagaimana jika mata kita kurang sehat, seperti rabun atau bahkan silinder? Apakah dengan keadaan mata yang seperti itu harus mengubur dan mundur dari impian menjadi seorang kiper futsal?
Pada era sepakbola modern banyak pemain baik futsal atau sepakbola yang menggunakan berbagai aksesoris, dari mulai gelang, cincin, anting, bahkan sampai kacamata.
Namun seiring perkembangan zaman dan waktu serta pembaharuan dari peraturan dari FIFA beberapa aksesoris dilarang digunakan karena dianggap berbahaya dan hanya yang memang benar-benar dibutuhkan untuk menunjang permainan dari si pemain boleh digunakan.
Penggunaan kacamata merupakan salah satu toleransi terhadap pemain yang memiliki gangguan di matanya. Namun akhir-akhir ini bukan hanya pemain yang memiliki kekurangan daya dalam melihat, namun juga kiper futsal.
Banyak yang beralasan karena matanya rabun akhirnya tidak lagi menajadi kiper futsal karena sulitnya untuk bisa fokus dalam melihat bola dikarenakan buram yang dimana pandangan menjadi kabur.
Saya sendiri memiliki masalah pada mata, yaitu mata kiri saya mengalami silindris 0,5.
Tetapi itu semua dapat di akali (apa sih yang gabisa sekarang ini) salah duanya dengan menggunakan kacamata ataupun softlens untuk para pemain ter
masuk kiper.
Berikut penjelasan singkatnya mengenai kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kacamata dan softlens:

Efek Menggunakan Kacamata

Kelebihan:
  • Pandangan menjadi jelas, pergerakan dari para pemain tidak kabur lebih bisa fokus dalam permainan, bukan mencari cara fokus agar pandangan menjadi jernih.
41LKO4lfk9L. SL500 AA300  Mata Bermasalah Jadi Kiper Futsal? Kenapa Tidak!
Kekurangan:
  • Vision dalam melihat berkurang, karena ada area yang tertutup ketika menggunakan kacamata, yaitu daerah kanan dan kiri karena tertutup frame dari kacamata.
  • Jika penggunaan dalam waktu yang lama akan tercipta embun, dan hal ini bisa menganggu penglihatan ditengah-tengah pertandingan.
Overall untuk yang matanya mengalami hal rabun jauh atau dekat menggunakan kacamata merupakan solusi yang jitu. Terutama kacamata jenis sport, karena kacamata jenis ini tahan banting.
Jangan lupa untuk menentukan jenis lensa yang akan digunakan, apakah plastik atau kaca.
Lensa kaca lebih tipis dibanding plastik, tetapi lebih berat dan mudah pecah. Sedangkan lensa plastik lebih ringan dan tidak mudah pecah, tetapi lebih tebal dan mudah tergores.

Efek Menggunakan Lensa Mata/ Softlens/ Lensa Kontak

kotak+softlens Mata Bermasalah Jadi Kiper Futsal? Kenapa Tidak!
Kelebihan
  • Tidak merasakan berat atau gangguan lagi pada hidung dan telinga.
  • Menambah gaya, karena terdapat berbagai model softlens yang makin banyak dan menarik untuk menambah style.
Kekurangan
  • Perawatan yang harus benar-benar maksimal dan memperhatikan tempat penyimpanannya. Karena jika tidak akan menimbulkan iritasi (REPOT).
  • Riskan bergeser, yang dimana hal ini disebabkan salah menentukan kadar air dari softlens tersebut.
Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak asal membeli softlens sembarangan, usahakan terlebih dahulu konsultasi ke dokter mata. Hal ini juga untuk memeriksa dan menetukan kadar air dari softlens yang cocok untuk mata kamu nantinya.
Agar nantinya softlens kamu tidak terlalu basah atau terlalu kering, yang dimana bisa menyebabkan softlens mudah bergeser.
Jadi tidak ada lagi alasan atau perlu takut lagi untuk menjadi kiper futsal walau matamu rabun semua itu bukanlah masalah, so mau menggunakan apa? kacamata atau softlens?
Semoga Bermanfaat,
sumber : http://www.kiperfutsalpost.net/cara-menjadi-kiper-futsal-mata-minus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar